Google Searching

Kodok Tebu (Rhinella Marina)

Teritip Gooseneck Pelagis


Lepas Anatifera
Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr

Lepas Anatifera atau dikenal juga Pelagic Gooseneck Barnacle

Lepas anatifera, umumnya dikenal sebagai teritip gooseneck pelagis atau teritip gooseneck halus, adalah spesies teritip dalam famili Lepadidae. Teritip ini seringkali ditemukan dalam jumlah besar, melekat dengan fleksibelnya pada kayu terapung, lambung kapal, dermaga, tiang pancang, rumput laut, dan berbagai jenis kapar. 


Pelagic Gooseneck Barnacle
Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr

Tubuh atau kapitulum Lepas anatifera ditopang oleh tangkai atau tangkai yang panjang dan fleksibel. Ada lima lempengan halus yang tembus cahaya, bermata merah dan dipisahkan oleh celah sempit. Pelat memiliki garis pertumbuhan sejajar dengan margin mereka dan beberapa garis pahatan radial samar. Di dalam capitulum, teritip memiliki kepala, dada, dan perut sisa. Sejumlah cirri berwarna coklat, berserabut atau tentakel makan menonjol dari antara lempeng. Batangnya keras dan berwarna coklat keunguan. Capitulum dapat tumbuh hingga panjang 5 sentimeter (2,0 inci) dan tangkai bervariasi antara 4 sentimeter (1,6 inci) dan 80 sentimeter (31 inci).



Pelagic Gooseneck Barnacle
Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr

Lepas anatifera adalah Hermaprodit dan mulai berkembang biak ketika panjangnya sekitar 2,5 cm (1 in). Pemupukan terjadi secara internal dan telur-telur tersebut mengeram di dalam mantel selama seminggu sebelum muncul sebagai larva nauplius yang berenang bebas. Setelah perkembangan lebih lanjut, hanyut sebagai bagian dari plankton, ini menetap di benda-benda terapung.


Pelagic Gooseneck Barnacle
Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr


Pelagic Gooseneck Barnacle
Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr

Lepas anatifera telah lama diketahui tumbuh pada penyu, namun pada tahun 2008, beberapa spesimen kecil ditemukan menempel pada buaya Amerika (Crocodylus acutus) di pantai Pasifik Meksiko. Jenis buaya tersebut kebanyakan mendiami rawa-rawa bakau dan muara sungai, tetapi toleran terhadap garam, dan terkadang ditemukan di lingkungan laut. 


Lepas Anatifera Photos: flickr.com/alex1derr

Lepas anatifera banyak ditemukan di laut tropis dan subtropis di seluruh dunia. Karena sering melekat pada benda-benda yang dibawa ke laut yang lebih dingin oleh arus, seperti Drift Atlantik Utara, ia sering ditemukan jauh dari tempat asalnya dan di perairan yang terlalu dingin untuk bereproduksi. Dengan cara ini, telah didokumentasikan di Norwegia, Kepulauan Shetland, Kepulauan Faeroe, Islandia, dan Spitsbergen.

Klasifikasi Ilmiah Lepas anatifera

Kingdom: Animalia

Phylum: Arthropoda

Subphylum: Crustacea

Class: Thecostraca

Subclass: Cirripedia

Order: Scalpellomorpha

Family: Lepadidae

Genus: Lepas

Species: L. anatifera

Binomial name

Lepas anatifera

Linnaeus, 1758

Lepas Anatifera,    Pelagic Gooseneck Barnacle, Moluska


Sumber Foto:

https://www.flickr.com/photos/alex1derr/8171055685/in/photostream/

https://en.wikipedia.org/wiki/Lepas_anatifera

Info:

Komentar