Google Searching

Teritip Gooseneck Pelagis

Apa itu Istilah "Blood Moon"

Blood Moon


Peristiwa Gerhana Bulan Total atau yang saat ini populer dengan istilah Blood moon, yang menandakan bulan memancarkan warna merah darah.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), secara garis besar Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalangnya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan, dilihat dari Bumi.


Peristiwa gerhana Bulan 


Proses terjadinya Blood Moon. 
Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar.  Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah, terkenal dengan istilah Blood Moon.
 
Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, dan sering disebut dengan Super- Blood Moon.
Disebut-sebut sebagai Super-Blood Moon karena ukuran bulannya saat mengalami gerhana terlihat lebih besar dan berwarna kemerahan.


Referensi: 
https://www.kompas.com/global/read/2021/05/26/201906470/blood-moon-mitos-gerhana-bulan-dari-seluruh-dunia?page=all.
https://tirto.id/apa-itu-super-blood-moon-dan-bagaimana-proses-terjadinya-ggfW
https://techno.okezone.com/read/2021/05/26/16/2415756/mengenal-super-blood-moon-jenis-gerhana-bulan-yang-berlangsung-malam-ini#:~:text=Peristiwa%20gerhana%20bulan%20total%20dapat,terkenal%20dengan%20istilah%20Blood%20Moon).
http://www.bbc.com/indonesia/majalah-42869354
http://www.tribunnews.com/sains/2018/01/31/munculnya-istilah-super-moon-blood-moon-dan-blue-moon-terserah-pilih-yang-mana




Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar