Google Searching

Angin Puting Beliung

Angin Puting Beliung
Angin Puting Beliung

Angin Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatra disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar.Wikipedia

Ciri-ciri Angin Puting Beliung Akan Terjadi
Satu hari sebelum angin puting beliung datang biasanya udara akan terasa panas dan gerah sepanjang malam hingga di pagi hari. Keesokan harinya, pada pagi hari, terlihat awan putih berlapis-lapis yang disebut awan Cumulus tapi ada di antara awan itu ada awan dengan batas tepi berwarna abu-abu dan menjulang tinggi.

Awan Cumulus bertepi abu-abu ini dengan cepat berubah menjadi warna abu-abu atau hitam yang disebut Cumulonimbus.Setengah jam sebelum terjadi, akan ada angin kencang dan udara dingin yang menggoyang pepohonan. Biasanya disusul juga dengan turunnya hujan. Bila terdengar sambaran petir yang cukup keras, maka ada kemungkinan hujan lebat, petir, dan angin kencang akan terjadi.



Posting Lainnya:
Fenomena Equinox
12 Provinsi Di Indonesia Dilintasi Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari
Angin Puting Beliung
Apakah Fenomena Aphelion Pengaruhi Suhu Dingin di Indonesia?
Nihi Sumba Resort
5 Resor Paling Eksklusif di Dunia
Posting semua
The Seminyak Beach Resort and Spa
Rumah Mini dari Stik Es Krim 

Anatomi Tubuh Manusia,
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya Betawi
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua


Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar