Google Searching

Teritip Gooseneck Pelagis

Super Moon apah itu?

 

Supermoon. © mashable.com


Peristiwa Supermoon yang menandakan bulan terlihat sangat besar berbeda dari yang biasa, hal ini terjadi kaeran bulan berada di posisi sangat dekat dengan bumi, 

Menurut wikipedia Supermoon adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh, ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan. Secara spesifik, superbulan bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan tampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Istilah Supermoon
Istilah supermoon juga dianggap agak bermasalah. Petro mengatakan, super moon pertama kali didefinisikan bukan oleh ahli astronomi melainkan oleh astrolog. Seorang astrolog, Richard Nollele, juga pernah mengklaim bahwa super moon dapat memengaruhi cuaca. Padahal tidak.

Petro berkata bahwa supermoon sebenarnya tidak sesuper namanya. Ukurannya yang semakin besar dan terang disebut Petro lantaran orbit bulan yang mengelilingi bumi tidak melingkar sempurna.

Jarak bulan dan bumi bervariasi dan hal itulah yang mengubah cara manusia memandang ukurannya. Apoge adalah titik paling jauh, sementara perige adalah paling dekat.

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, dan sering disebut dengan Super- Blood Moon.
Disebut-sebut sebagai Super-Blood Moon karena ukuran bulannya saat mengalami gerhana terlihat lebih besar dan berwarna kemerahan.

Referensi: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Superbulan
https://pemilu.kompas.com/read/2018/01/30/210600623/kontroversi-istilah-super-moon-blood-moon-dan-blue-moon
http://www.tribunnews.com/sains/2018/01/31/munculnya-istilah-super-moon-blood-moon-dan-blue-moon-terserah-pilih-yang-mana



Lihat juga:

Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar