Google Searching

Manfaat Unsur Kalium Pada Tanaman

 Manfaat Unsur Kalium Pada Tanaman

Kalium adalah jenis unsur hara yang banyak diperlukan tumbuhan, Tanpa Kalium, tumbuhan akan tumbuh lebih kercil dan berwarna lebih pucat,berikut ini beberapa manfaat unsur Kalium:

    1. Aktivator enzim

    2. Meningkatkan ketahanan tumbuhan.

    Meningkatkan ketahanan tumbuhan seperti melawan penyakit, Meningkatkan toleransi terhadap            kekeringan, panas, dan beku. 

    3. Memacu translokasi karbohidrat

    Translokasi karbohidrat dari daun ke organ tanaman yang lain, terutama organ tanaman penyimpan        karbohidrat, misalnya seperti umbi-umbian.

Unsur kalium 1. Aktivator enzim Manfaat kalium tak hanya berguna untuk kesehatan, namun juga berguna untuk tanaman. Unsur ini ternyata bisa membantu mengaktifkan enzim di tanam. Beberapa enzim tersebut antara lain asetik thiokinase, pirivat kinase, glutamilsistein sinterase, formil, dan lain sebagainya. 2. Membuat tanaman tahan penyakit Kalium juga berguna untuk membantu meningkatkan tanaman dari berbagai penyakit. Unsur ini juga penting untuk menjaga tanaman tetap sehat saat terjadi perubahan cuaca.

Editor: Siti Nur Aeni


Lainnya: 

Referensi:

https://www.geografi.org/2022/02/unsur-hara-dalam-tanah.html

https://www.geologinesia.com/2018/01/unsur-hara.html

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-unsur-hara/

https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/04/083000469/unsur-hara--pengertian-dan-fungsinya#:~:text=Dikutip%20dari%20buku%20Pupuk%20dan,tumbuh%20dan%20berkembang%20secara%20optimal.

https://dtphp.luwuutarakab.go.id/berita/3/unsur-hara-makro-dan-mikro-yang-dibutuhkan-oleh-tanaman.html

https://pertanian.sariagri.id/57071/harus-tahu-ini-manfaat-13-unsur-hara-tanah-bagi-tanaman


Komentar