google.com, pub-3916827799329383, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Info

Info Bisnis:






Senin, 02 Desember 2019

Mengenal Tawon Vespa Affinis


Tawon Vespa Affinis

Tawon Vespa Affinis

Mengenal Tawon Vespa Affinis atau Tawon Endhas, Akhir-akhir ini berita tentang serangan tawon Vespa affinis atau tawon endhas banyak ditakuti oleh masyarakat luas. Sengatannya yang terkenal mematikan juga sudah banyak memakan korban. Tak sedikit dari warga yang membasmi hewan ini agar tak mengganggu warga yang ada di sekitarnya. Konon gigitannya jenis tawon ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Hal ini terbukti dalam berita yang dimuat di berbagai media dalam kurun dua tahun terakhir, ternyata sudah terdapat tujuh kasus kematian yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah.

Tawon Vespa Affinis


Tawon Vespa Affinis atau dikenal dengan Hornet Banded yang lebih kecil adalah lebah kecil hingga menengah, dengan ratu mencapai hingga 30mm, pria 26mm dan pekerja rata-rata 22 hingga 25mm.

Memiliki kepala berwarna merah kecoklatan atau hitam, puber, dengan beberapa tanda merah pada frons dan vertex, kuil hitam; mata majemuk dan ocelli hitam; antena coklat gelap dan biasanya coklat pucat di bawahnya; clypeus hitam, belang-belang kasar, sisi posterior clypeus dengan lobus bulat lebar; rahang bawah dan gigi hitam. Thorax hitam dengan banyak tusukan dan beberapa helai rambut, propodeum hitam. Kaki berwarna coklat tua. Sayap coklat gelap fuscous, tegulae coklat tua. Gaster dengan beberapa tusukan halus, segmen berwarna cokelat tua kecuali segmen pertama dan kedua oranye kekuningan. Beberapa spesimen oranye kekuningan pada tergite pertama dapat direduksi menjadi dua titik transversal dan pita apikal yang sempit. wikipedia.

Habitat Tawon Vespa Affinis
Daerah habitat Tawon V. affinis ini tersebar luas di seluruh Asia tropis dan subtropis. Pernah ditemukan di Sri Lanka, Hong Kong, Taiwan, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Sumatra, Filipina (Palawan) dan Malaysia. 

Makanan Tawon Vespa Affinis
Makanan Tawon Vespa affinis terdiri dari makanan cair seperti nektar dari bunga, juga memakan lebah dan mengumpulkan daging dari serangga yang baru mati. 
Tawon Vespa affinis mencari makan di daerah berumput, hutan, dan gurun. Mereka mendapat asupan karbohidrat baik dari getah pohon, nektar, buah-buahan dan air liur larva dan makanan berprotein seperti bangkai, tawon kertas (Polistinae) dan lebah (Apidae). 

Tawon Vespa Affinis

Sarang Tawon Vespa affinis
Tawon Vespa affinis membangun sarang di atas pohon, tetapi juga rendah di semak-semak serta di rumah-rumah. Sarang yang dibangun di pohon-pohon tinggi umumnya memanjang. Di daerah tropis, sarangnya berbentuk buah pir atau seperti bentuk tetesan, tetapi di daerah subtropis bentuknya oval dengan bagian atas membulat. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 60 cm di daerah tropis. 

Sarang Tawon Vespa affinis

Sarang Tawon Vespa affinis

Siklus Hidup Tawon Vespa Affinis
Tawon Vespa affinis atau Lesser Banded Hornet atau penyengat kecil ini bisa mencapai ukuran 30 mm, pejantan bisa mencapai 26 mm. Sedangkan tawon pekerja rata-rata berukuran 22-25 mm. Kepalanya berwarna merah kecokelatan, bisa juga sama sekali hitam. Tubuhnya tertutup bulu-bulu halus, dengan beberapa tanda merah. 

Efek Sengatan Tawon Vespa Affinis
Tawon jenis ini telah mendapatkan reputasi yang mengerikan di Indonesia karena sangat agresif dan sengatannya yang kuat berpotensi menyebabkan anafilaksis yang mengancam jiwa.  Tawon Vespa affinis merupakan tawon predator yang memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke dalam tubuh manusia. Dalam dosis kecil, ketika disengat satu atau dua ekor tawon, racunnya hanya akan menimbulkan alergi saja dengan gejala-gejala seperti bengkak dan gatal. Dampaknya  akan fatal jika  tawon yang menyengat berjumlah banyak, maka dapat menyebabkan hiperalergi. Bila tidak ditangani segera, akan berlanjut menjadi anafileksis hingga merusak organ hanya dalam hitungan hari. Efek paling fatal dapat menyebabkan edema paru akut. Bahkan, kondisi di mana terjadi penumpukan cairan di paru-paru yang membuat pasien kesulitan bernapas. Selain itu, efek fatal lain yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal akut, di mana fungsi ginjal menurun.


Klasifikasi Ilmiah Tawon Vespa Affinis

Kerajaan: Animalia
Divisi: Arthropoda
Kelas: Insecta
Memesan: Hymenoptera
Keluarga: Vespidae
Marga: Vespa
Jenis: V. affinis
Nama binomial Vespa affinis Linnaeus , 1764
Sinonim: Apis affinis Linnaeus, 1764

Dari berbagai sumber.


Posting Lainnya:

Posting lainnya:
Uniknya Ritual Cake Torma
Buah Buahan Langka dan Khasiatnya
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua

Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo