Google Searching

Info

Rabu, 23 Mei 2018

Jenis-Jenis Resort

Four Seasons Resort Sayan, Bali, Indonesia
Four Seasons Resort Sayan, Bali, Indonesia

Resort ternyata banyak memiliki jenisnya sehingga jika kita ingin mengenal ledih jauh tentang resort perlu kita buat pengelompokan yang berdasarkan objek letaknya.
Berdasarkan letak dan fasilitasnya (Lowson, 1995), resort dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. Mountain Resort Hotel
Sesuai dengan namanya Resort hotel ini terletak di daerah pegunungan. Dengan memanfaatkan daya tarik
panorama pemandangan dan iklim sejuk  khas daerah pegunungan yang indah menjadi komoditi utama.
Resort ini memiliki fasilitas yang disediakan lebih ditekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan alam pegunungan dan rekreasi yang bersifat kultural dan natural seperti mendaki gunung, hiking,dan aktifitas lainnya yang berhubungan dengan aktifitas wisata yang ada digunung.
 
Sebagai menambah daya tarik pengunjung, biasanya resort semacam ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang di luar ruangan agar pengunjung dapat sekaligus menikmati pemandangan alam yang ada disekitar sambil berenang.

Daerah pegunungan yang  memiliki kondisi khusus yang dijadikan sebagai daya tarik wisata khas yang ada di daerah ersebut. Misalnya daerah gunung yang memiliki salju. Resort yang dibangun di daerah semacam ini kadang hanya digunakan pada saat waktu-waktu khusus yang telah disesuaikan oleh pengelola resort. Misalnya lokasi resort yang digunakan untuk wisata ski hanya dibuka pada saat musim dingin dan menyediakan fasilitas olahraga ski.

b. Health Resort and Spas
Lokasi Resort jenis ini biasanya dibangun pada daerah yang memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyehatan, misalnya melalui aktifitas spa. Rancangan bangunan resort Health Resort and Spa ini harus diengkapi dengan fasilitas untuk pemulihan kesegaran, baik jasmani (fisik) maupun rohani (batin) dengan aneka kegiatan yang disesuaikan dengan kebugaran dan pemandangan yang juga mendukung dalam proses relaksasi.
Contoh resort jenis ini adalah Kamalaya Koh Samui Spa and Resort. Resort ini berada di Negara Thailand. Hotel ini menarik penunjung dengan fasilitas spa, yoga, dan meditasi budha sebagai sarana dalam mencapai kesegaran jasmani dan kesegaran rohani.

c. Beach Resort Hotel
Daerah pantai merupakan lokasi Resort jenis ini, mengutamakan potensi alam dan pemandangan khas pantai dan laut sebagau daya tarik utamanya. Pemandangan lepas menuju ke arah lautan, pesona Sun set, keindahan pantai, dan fasilitas olah raga air yang lengkap dan terbaru, seringkali dimanfaatkan sebagai pertimbangan utama perancangan bangunan.
Contoh Beach Resort Hotel adalah The Seminyak Beach Resort, Bali.

d. Marina Resort Hotel
Resort hotel jenis ni terletak dikawasan marina (pelabuhan laut). rancangan resort ini memanfaatkan potensi utama kawasan tersebut sebgai kawasan perairan. Untuk Resort jenis ini biasanya di wujudkan dengan melengkapi fasilitas berupa Dermaga dan penyediaan fasilitas yang berhubungan dengan kegiatan air, pemandangan tepi pantai dan fasilitas unutk menikmati sinar matahari yang berlimpah.
Contoh resort ini adalah Maritim Resort and Spa Mauritius.

e. Rural Resort and Country Hotels
Rural ressort and country hotels adalah resort hotel yang dibangun di daerah pedesaan jauh dari area bisnis dan keramaian. Daya tarik utama dari resort ini adalah lokasinya yang masih alami, diperkuat dengan fasilitas olahraga dan rekreasi yang jarang ada dikota kota seperti berburu, bermain golf, tenis, berkuda, panjat tebing, memanah, atau aktifitas khusus lainnya.
Contoh resort jenis ini adalah castello banfi il borgo, Italia

Baca Juga:

Mobile ads:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo