Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Pohon Murbei

 

Pohon Murbei


Murbei atau Mulberry (Morus Nigra) merupakan spesies tanaman dari keluarga Moraceae, Tanaman Murbei merupakan tanaman asli dari Asia barat daya. Pohonnya sendiri telah dibudidayakan sejak zaman kuno karena buahnya yang dapat dimakan.

Pohon murbei atau juga disebut mulberry merupakan tumbuhan asli Cina wilayah utara dan juga tumbuh di negara-negara sekitarnya. Namun tidak hanya berasal dari Cina atau kawasan Asia, terdapat variasi flora genus Morus yang berasal dari Afrika dan Amerika.
Asal usul tanaman Murbei diperkirakan berasal dari daerah pegunungan Mesopotamia dan Persia. Namun sekarang telah tersebar luas di seluruh Afghanistan, Irak, Iran, India, Pakistan, Suriah, Lebanon, Yordania, Palestina, dan Turki. Pohon murbei di Turki disebut dengan nama Shahtoot, di Arab Syajarat tukki, dan di negara berbahasa Inggris disebut Blackberry atau Wild Blackberry.


Terdapat dua spesies murbei yang tumbuh di dataran Indonesia, yaitu murbei hitam dan murbei putih. Tapi, keduanya dapat dibedakan, murbei hitam memiliki permukaan daun bagian bawah berbulu sedangkan murbei putih tidak berbulu.


Tumbuhan murbei cocok tumbuh di habitat dengan cuaca dingin, dapat tumbuh setinggi 10-15 meter di alam liar. Ia biasa ditemukan tumbuh liar di area  tepi sungai, rawa, dan sawah.

Selain sebagai tanaman penghasil buah, murbei juga menjadi pohon yang sering ditanam dan dipelihara untuk dijadikan tanaman hias pekarangan dan pohon bonsai disamping itu juga daunnya merupakan makanan kesukaan Ulat Sutra. 


Murbei adalah jenis tumbuhan perdu dengan sistem klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kingdom Plantae
Filum Tracheophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Rosales
Famili Moraceae
Genus Morus
Spesies Morus alba


Pohon Murbei memiliki batang tumbuh tegak dengan pertumbuhan cabang mendatar. Warna batang murbei bermacam-macam tergantung spesiesnya. Beberapa diantaranya ada yang berwarna hijau, hijau kelabu, dan hijau kecokelatan.

Daun murbei merupakan kelompok daun tunggal yang tumbuh di cabang spiral. Sama halnya dengan warna batang, bentuk daun murbei juga beraneka ragam sesuai dengan spesiesnya. Ada yang berbentuk bundar, oval, berlekuk, dan ada pula yang tidak memiliki lekukan. Tekstur permukaan daun agak licin dan ada yang kasar.

Bunga murbei adalah jenis bunga yang mempunyai bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah, masing-masing berada pada ranting yang berbeda. Sementara itu, buah murbei termasuk jenis majemuk yang berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi kuning kemerahan atau ungu gelap setelah masak. Ukurannya sekitar 2 sampai 3 cm dan dapat dimakan.

Manfaat dari tanaman murbei.

- Pakan Ulat Sutra
Bagi masyarakat yang membudidayakan pohon murbei adalah sebagai pakan utama untuk ulat sutra. 

Lantai Rumah dan Meubel
Pohon Murbei termasuk tanaman perdu yang berkayu lunak, Tetapi untuk jenis murbei andalas (Morus macroura) dapat digunakan untuk lantai rumah atau mebel karena kayunya kuat dan keras.

Manfaat Murbei Bagi Kesehatan
Pohon murbei biasa dimanfaatkan untuk bahan baku obat-obatan tradisional, antiasmatik, dan desinfektan. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan mulai dari ranting, kulit buah, buah, dan juga daun murbei.

Muberi mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh kita, seperti:

zat besi
riboflavin
vitamin C
vitamin K
kalium
fosfor
kalsium
fitonutrien
zeaxanthin
resveratrol
snthocyanin
lutein
berbagai senyawa polifenol.

Ranting murbei mempunyai rasa yang pahit, tetapi khasiatnya terhadap tubuh tidak diragukan lagi. Bagian ini bermanfaat untuk merangsang proses pembentukan kolateral, antipiretik, analgesik, karminatif, dan antireumatik.

Daun murbei mempunyai khasiat sebagai peluruh kentut, peluruh kecing, dan peluruh keringat. Rasa daun murbei pahit, manis, dan juga terasa dingin. Biasanya bagian ini juga dimanfaatkan untuk obat pereda demam dan dapat membantu memperjelas penglihatan.

Buah murbei mempunyai rasa yang manis dan dingin. Bagian ini sangat berkhasiat untuk memelihara fungsi ginjal, darah, peluruh kencing, ekspektoran, dan juga berefek sebagai tonik untuk jantung. Masyarakat juga bisa mengonsumsi buah murbei sebagai makanan diet.

Akar murbei juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Berbeda dengan ranting yang terasa pahit, akar murbei justru terasa manis dan sejuk. Bagian ini dipercaya mampu meringankan pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Selain itu, akar pohon murbei juga berfungsi sebagai antiasmatik, ekspektoran, dan diuretik.

Perkembangbiakan:
Pohon Murbei dapat dikembang biakan dengan cara:
1. Stek batang
Caranya ambil dahan pohon yang cukup tua dengan panjang 20-25 cm, lalu tancapkan pada tanah, dan lakukan penyiraman sehari 2 kali. Untuk mempercepat pertumbuhan buang semua daunnya. 

2. Biji

Taburkan biji pada persemaian dapat menggunakan polybag berukuran 25 atau 40 cm dan lebar 15 cm yang memiliki lubang pada bagian bawahnya. Media tanam yang digunakan berupa campuran pupuk kandang atau kompos dan tanah. Setelah bibit murbai berumur 2 atau 3 bulan, maka telah dapat ditanam di media lebih luas.


Referensi:
https://rimbakita.com/pohon-murbei/
https://www.ciriciripohon.com/2020/02/ciri-ciri-pohon-murbei-di-alam-liar.html









Komentar